Minggu, 16 September 2012

Pemanfaatan Hasil penilaian sikap dalam pembelajaran Biologi (PHBB)



TUGAS MATA KULIAH
PENILAIAN HASIL BELAJAR BIOLOGI
(PHBB)
Yang di bina oleh Dr. Yula Miranda, M. Pd, dan Drs. Nuriman Wijaya, M. Pd







Oleh :
Kelompok VII
KRISTINA                              ACD 109 059
KELVIN SUA                                    ACD 109 021
MARDIOJOYO                      ACD 109  087
JAMATUN NIKMAH                        ACD 109 070
LASMINI                                 ACD 109 020


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNVERSITAS PALANGKA RAYA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
2012
Topik                          : Pemanfaatan Hasil penilaian sikap dalam pembelajaran Biologi
Tujuan Kinerja          :
  1. Mahasiswa dapat menjelaskan manfaat hasil penilaian sikap dalam pembelajaran biologi.
  2. Mahasiswa dapat menjelaskan tindak lanjut manfaat hasil penilaian sikap dalam pembelajaran biologi

1.    Sikap berkaitan dengan nilai atau norma yang berhubungan dengan suatu materi pelajaran. Peserta didik perlu memiliki sikap yang tepat, yang dilandasi oleh nilai-nilai positif terhadap kasus lingkungan tertentu (kegiatan pelestarian/kasus perusakan lingkungan hidup). Misalnya, peserta didik memiliki sikap positif terhadap program perlindungan satwa liar. Teknik Penilaian Sikap penilaiannya terhadap sesuatu objek. Komponen kognitif adalah kepercayaan atau keyakinan seseorang mengenai objek. Adapun komponen kognitif adalah kecenderungan untuk berperilaku atau berbuat dengan cara-cara tertentu berkenaan dengan kehadiran objek sikap. Secara umum, objek sikap yang perlu dinilai dalam proses pembelajaran berbagai mata pelajaran adalah sebagai berikut. Sikap terhadap materi pelajaran. Peserta didik perlu memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran. Dengan sikap`positif.Sikap Penggertian Sikap bermula dari perasaan (suka atau tidak suka) yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadinya perilaku atau tindakan yang diinginkan. Sikap terdiri dari tiga komponen, yakni: afektif, kognitif, dan konatif. Komponen afektif adalah perasaan yang dimiliki oleh seseorang atau penilaiannya terhadap sesuatu. pembelajaran berbagai mata pelajaran adalah sebagai berikut. Sikap terhadap materi pelajaran. Peserta didik perlu memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran. Dengan sikap`positif dalam diri peserta didik akan tumbuh dan berkembang minat belajar, akan lebih mudah diberi motivasi, dan akan lebih mudah menyerap materi pelajaran yang diajarkan. Sikap terhadap guru/pengajar. Peserta didik perlu memiliki sikap positif terhadap guru. Peserta didik yang tidak memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran ( Biologi atau Geografi). Peserta didik perlu memiliki sikap yang tepat, yang dilandasi oleh nilai-nilai positif terhadap kasus lingkungan tertentu (kegiatan pelestarian/kasus perusakan lingkungan hidup). Misalnya, peserta didik memiliki sikap positif terhadap program perlindungan satwa liar. Teknik Penilaian Sikap Penilaian sikap dapat dilakukan dengan beberapa cara atau teknik. Teknik-teknik tersebut antara lain: observasi perilaku, pertanyaan langsung, dan laporan pribadi. Teknik-teknik ...
2.    Tindak lanjut penilaian hasil belajar :
-       Bagi Ilmu Pengetahuan
Dapat memberikan masukan dan pengembangan dunia pendidikan pada umumnya tentang penilaian afektif pada pelajara biologi yang dilakukan di lingkungan sekolah.
-       Bagi Guru : sebagai masukan pertimbangan untuk meningkatkan hasil praktikum mahasiswa dengan penerapan penilaian afektif pada praktikum biologi.
-       Bagi masyarakat
Sebagai peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang nantinya akan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya fungsi lingkungan dan keterkaitan terhadap kehidupan manusia.

1 komentar: