Rabu, 03 Oktober 2012

Download RPP Biologi SMP Sunday, March 25, 2012 | By Toha Nasruddin Nama Sekolah : Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran : Biologi Kelas/Semester : VIII/I Alokasi Waktu : 6x45 Menit Standar Kompetensi : Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia Kompetensi Dasar : Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup HTML tables I. Indikator Membandingkan pertumbuhan dan perkembangan antara tumbuhan dan hewan. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Mengamati dan melakukan percobaan berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan. Menganalsis faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Membuat peta konsep metagenesis pada tumbuhan lumut, paku, dan tumbuhan biji. Mengidentifikasi hormon-hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. II. Materi Pembelajaran Materi Pokok : Pertumbuhan dan Perkembangan SubMateri : Pertemuan I o Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan o Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan Berbunga o Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan o Metagenesis HTML tables III. Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Metode Pembelajaran Kooperatif Model Pembelajaran Grup Investigation dan kooperatif Sintaks langkah-langkah Model Pembelajaran Group Investigation Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen Guru menjelaskan rnaksud pernbelajarandan tugas kelornpok Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan. Evaluasi dan penutup Modifikasi Langkah-Langkah Model Pembelajaran Group Investigation Guru menuliskan topik pembelajaran. Guru menyampaikan indikator pembelajaran yang haru dicapai oleh peserta didik Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok Dalam kelompok masing-masing anggota kelampok diberi tanggung jawab untuk memahami materi yang berbeda. Anggota kelompok yang memahami materi yang sama berkumpul menjelaskan ke anggota yang lain Setelah diskusi maka anggota satu kelompok saling bertukar informasi tentang materi yang difahami. Guru meminta peserta didik untuk mempreseniasikan hasil diskusi kelompoknya melalui diskusi kelas. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan Langkah-Langkah Pembelajaran Tujuan Pembelajaran Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat menjelaskan tahap perkembangan pada tumbuhandan hewan. No. Guru Peserta Didik 1. Kegiatan Awal Memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan “Apakah setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan ? Bertanya lebih lanjut “Ditandakan oleh apa saja setiap pertumbuhan itu? Menyebutkan indikator yang harus dicapai dalam belajar Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ‘ya’) Menjawab pertanyaan guru Menuliskan indikator 2. Kegiatan Inti Membagi peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 4 – 5 orang Menugaskan kelompok untuk melakukan kegiatan 7.1 dan membagikan LKPD kegiatan 7.1 pada masing-masing kelompok Menugaskan mengumpulkan LKPD kegiatan 7.1 Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan Menugaskan tugas 1.1. Hlm. 132 di rumah secara berkelompok Menugaskan mengerjakn uji diri Hlm. 13 Menjelaskan metagenesis pada tumbuhan dan hewan Menagih siswa untuk memaparkan hasil kegiatan 7.1 dan tugas 7.1 Meminta siswa bertanya kepada kelompok lain mengenai kegiatan 7.1 tersebut Memberikan pengutan dari hasil pengamatan dan diskusi kelas (contoh dalam memberikan penguatan pada konsep-konsep penting dapat dilihat pada materi essensial) Peserta didik duduk dalam kelompok Peserta didik duduk dalam kelompok Menerima LKPD kegiatan 7.1, mendengarkan arahan dari guru Mengumpulkan LKPD kegiatan 7.1 Mendengar dan mencatat penjelasan guru Mengerjakn tugas 1.1 sebagia tugas kelompok Mengerjakan uji diri Hlm. 13 Mendengar dan mencatat penjelasan guru Memaparkan hasil kegiatannya 7.1 dan tugas 7.1 Peserta didik diharapkan bertanya kepada kelompok yang lain Mencatat pengutan yang diterima dari guru 3. Kegiatan Akhir/tindak lanjut Menugaskan peserta didik untuk mengamati tumbuhan di rumah masing-masing Melaksankan tugas guru HTML tables Materi essensial (Syamsuri, Istamar. 2007, IPA Biologi VIII, halaman 1 – 18) IV. Media Pembelajaran Alat/Bahan : Alat tulis, LCD/OHP, Sumber belajar : Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. Bologi untuk SMP kelas VIII. Jakarta : Penerbit Erlangga V. Penilaian o Penilaian proses belajar peserta didik o Kegiatan 1.1 (Hlm. 5) Pengamatan pengaruh cahaya terhadap perkecambahan o Tugas 1.1 Hlm. 12 o Evaluasi - Uji diri - Soal Latihan Mengetahui Kepala Sekolah ........................................ NIP Tim Bidang Studi Koordinator ........................................ NIP 2 Artikel Terkait Kategori: rpp smp Tanggapan: 0 Komentar: Post a Comment Silahkan tinggalkan komentar disini :) Beri Tautan Create a Link Newer Post Older Post Home Publikasi Artikel [Belajar Biologi]> [Tutup] Masukkan Email Kirim Pertanyaan Jika punya pertanyaan seputar Biologi silahkan tulis di Halaman Pertanyaan Apa jenjang pendidikan anda saat ini? Download Animasi Artikel Populer Soal dan Pembahasan : Struktur dan Fungsi Tubuh Tumbuhan 1. Tumbuhan dikotil dapat dibedakan dari monokotil berdasarkan ciri khas di bawah ini, kecuali ... a. morfologi bunga b. anatomi ba... Sistem Peredaran Darah Sistem sirkulasi darah terdiri dari jantung, dan serangkaian pembuluh yaitu arteri, kapiler dan vena. Sistem ini berguna untuk membagikan ba... Download Animasi Biologi Lengkap Silahkan Download media animasi biologi dibawah ini, media animasi biologi ini dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran berbasis multi...


Download RPP Biologi SMP

Nama Sekolah:Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran:Biologi
Kelas/Semester:VIII/I
Alokasi Waktu:6x45 Menit
Standar Kompetensi:Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar:Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup

I.    Indikator
  1. Membandingkan pertumbuhan dan perkembangan antara tumbuhan dan hewan.
  2. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
  3. Mengamati dan melakukan percobaan berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan.
  4. Menganalsis faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
  5. Membuat peta konsep metagenesis pada tumbuhan lumut, paku, dan tumbuhan biji.
  6. Mengidentifikasi hormon-hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
II.  Materi Pembelajaran
Materi Pokok:Pertumbuhan dan Perkembangan
SubMateri



:



Pertemuan I
o    Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan
o    Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan Berbunga  
o    Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan  
o    Metagenesis


III.  Pendekatan Pembelajaran
       Kontekstual
       Metode Pembelajaran
       Kooperatif
       Model Pembelajaran
       Grup Investigation dan kooperatif

Sintaks langkah-langkah Model Pembelajaran Group Investigation 
  1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  2. Guru menjelaskan rnaksud pernbelajarandan tugas kelornpok 
  3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
  4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
  5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok 
  6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan.
  7. Evaluasi dan penutup

Modifikasi Langkah-Langkah Model Pembelajaran Group Investigation
  1. Guru menuliskan topik pembelajaran.
  2. Guru menyampaikan indikator pembelajaran yang haru dicapai oleh peserta didik
  3. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok
  4. Dalam kelompok masing-masing anggota kelampok diberi tanggung jawab untuk memahami materi yang berbeda.  Anggota kelompok yang memahami materi yang sama berkumpul menjelaskan ke anggota yang lain
  5. Setelah diskusi maka anggota satu kelompok saling bertukar informasi tentang materi yang difahami. 
  6. Guru meminta peserta didik untuk mempreseniasikan hasil diskusi kelompoknya melalui diskusi kelas.
  7. Guru dan peserta didik membuat kesimpulan

Langkah-Langkah Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran ini peserta didik dapat menjelaskan tahap perkembangan pada tumbuhandan hewan.
No.
Guru
Peserta Didik
1.







Kegiatan Awal
  • Memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan “Apakah setiap makhluk hidup mengalami pertumbuhan ?
  • Bertanya lebih lanjut “Ditandakan oleh apa saja setiap pertumbuhan itu?
  • Menyebutkan indikator yang harus dicapai dalam belajar

  • Menjawab pertanyaan guru
  • (harapan guru, peserta didik menjawab ‘ya’)
  • Menjawab pertanyaan guru
  • Menuliskan indikator
2.























Kegiatan Inti
  • Membagi peserta didik dalam kelompok yang beranggotakan 4 – 5 orang
  • Menugaskan kelompok untuk melakukan kegiatan 7.1 dan membagikan LKPD kegiatan 7.1 pada masing-masing kelompok
  • Menugaskan mengumpulkan LKPD kegiatan 7.1
  • Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan 
  • Menugaskan tugas 1.1. Hlm. 132 di rumah secara berkelompok
  • Menugaskan mengerjakn uji diri Hlm. 13
  • Menjelaskan metagenesis pada tumbuhan dan hewan
  • Menagih siswa untuk memaparkan hasil kegiatan 7.1 dan tugas 7.1
  • Meminta siswa bertanya kepada kelompok lain mengenai kegiatan 7.1 tersebut
  • Memberikan pengutan dari hasil pengamatan dan diskusi kelas (contoh dalam memberikan penguatan pada konsep-konsep penting dapat dilihat pada materi essensial)


    • Peserta didik duduk dalam kelompok
    • Peserta didik duduk dalam kelompok
    • Menerima LKPD kegiatan 7.1, mendengarkan arahan dari guru
    • Mengumpulkan LKPD kegiatan 7.1
    • Mendengar dan mencatat penjelasan guru
    • Mengerjakn tugas 1.1 sebagia tugas kelompok 
    • Mengerjakan uji diri Hlm. 13
    • Mendengar dan mencatat penjelasan guru
    • Memaparkan hasil kegiatannya 7.1 dan tugas 7.1
    • Peserta didik diharapkan bertanya kepada kelompok yang lain
    • Mencatat pengutan yang diterima dari guru
    3.

    Kegiatan Akhir/tindak lanjut
    Menugaskan peserta didik untuk mengamati tumbuhan di rumah masing-masing
    Melaksankan tugas guru


    Materi essensial
    (Syamsuri, Istamar. 2007, IPA Biologi VIII, halaman 1 – 18)

    IV.    Media Pembelajaran        Alat/Bahan          : Alat tulis, LCD/OHP,
            Sumber belajar    : Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. Bologi untuk SMP kelas VIII.
                                         Jakarta : Penerbit Erlangga
    V.    Penilaian
           o    Penilaian proses belajar peserta didik
           o    Kegiatan 1.1 (Hlm. 5)  Pengamatan pengaruh cahaya terhadap perkecambahan
           o    Tugas 1.1 Hlm. 12
           o    Evaluasi
                 -    Uji diri
                 -    Soal Latihan
    Mengetahui
    Kepala Sekolah



    ........................................
    NIP
    Tim Bidang Studi
    Koordinator



    ........................................
    NIP

    Artikel Terkait

    0 Komentar:

    Post a Comment

    Silahkan tinggalkan komentar disini :)

    RSS Search Animals blogs 

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar